Dosen,  Kuliah

Tutorial Live Streaming Youtube untuk Kuliah Online

Untuk melakukan live di Youtube ada dua metode yang dapat digunakan, yakni menggunakan webcam dan live streaming. Menggunakan webcam artinya kita hanya bisa menampilkan wajah kita secara live, sehingga untuk perkuliahan ini tidak terlalu berguna. Sedangkan dengan live streaming, kita mampu menampilkan apapun yang sedang kita buka di laptop kita, termasuk wajah kita. Tulisan sebelumnya telah diulas plus minus melakukan perkuliahan online dengan Youtube. Tulisan ini akan memberikan tutorial bagaimana melakukan live streaming di Youtube untuk kuliah online kita.

Langkah Pertama: Download OBS Studio

OBS Studio ini merupakan software encoder yang nantinya akan menjadi perantara antara komputer kita dengan Youtube saat kita melakukan live streaming. Sebenarnya ada banyak software lain yang bisa digunakan, tapi saya merekomendasikan OBS Studio karena gratis dan fiturnya lengkap. Untuk mendownload OBS Studio silakan klik di sini. Jika sudah terdownload, instal OBS Studio ke komputer kamu.

Langkah Kedua: Siapkan Kuliah Online di Youtube

Untuk mulai menyiapkan kuliah online, pertama masuk ke akun Youtube kamu. Kemudian pilih menu create a video and more, lalu pilih go live.

Jika ini adalah pertama kali kamu membuat live streaming, pilih new stream, lalu isikan judul live streaming yang akan dibuat dan jadwalnya. Tentukan juga sifat streaming, apakah terbuka untuk umum atau orang-orang tertentu saja. Kamu bisa memasukkan gambar thumbnail untuk ditampilkan saat live streaming belum dimulai. Untuk jenis konten, pilih no, it’s not made for kids jika kamu ingin mengaktifkan live chat. Jika semua sudah terisi, klik create stream

Kamu akan diarahkan ke halaman Youtube Studio untuk live streaming. Di halaman tersebut kamu akan memperoleh stream key yang harus disinkronkan ke software encoder (OBS Studio) yang sudah didownload tadi. Copy stream key tersebut, lalu nanti paste di OBS Studio. Kamu juga bisa melihat Stream URLyang bisa dibagikan ke publik. Setiap orang yang melihat link tersebut dapat mengikuti live streaming kamu.

Pada menu di bawah ada pilihan stream latency. Ada tiga jenis stream latency, yakni normal latency, low-latency, dan ultra low-latency. Ini berkaitan dengan kualitas video dan jarak antara kamu berbicara dengan audience mendengar. Normal latency artinya audience akan mendapat kualitas video yang baik, namun jarak antara kamu bicara dengan audience mendengar akan cukup lama, bisa lebih dari 15 detik. Sementara ulta low-latency berarti jarak antara kamu bicara dan audience mendengar akan singkat, tidak lebih dari 5 detik, namun mungkin akan banyak buffering jika koneksimu tidak baik. Ini pilihan sih, tapi saran saya kalau untuk kuliah online agar interaksi tetap terjaga pilih yang ultra low-latency.

Langkah Ketiga: Hubungkan OBS Studio dengan Youtube

Buka OBS Studio yang sudah terinstal tadi. Pilih menu Setting, lalu pilih tab Stream. Pastikan service adalah Youtube/Youtube Gaming dan bagian stream key isikan dengan stream key yang sudah diperoleh dari Youtube tadi. Lalu klik OK. Sampai di sini OBS dan Youtube kita sudah terhubung.

Langkah keempat: Siapkan Sumber Streaming

Sumber streaming adalah aplikasi apapun yang sedang aktif di Windows kita. Jika kita ingin menampilkan power point disertai dengan tampilan wajah kita, maka yang harus kita buka adalah power point dan camera. Pastikan dua aplikasi tersebut sudah dibuka. Untuk menambakan sumber streaming pada bagian source, klik tanda plus, lalu pilih windows capture. Beri nama, misal “power point”, lalu pada bagian Window cari Power Point yang sedang aktif. Lalu klik OK. Sampai di sini Power Point kita sudah siap ditampilkan ke Youtube. Catatan: untuk membuka power point full screen, lebih baik gunakan mode baca (reading view)

Jika kita ingin menambahkan tampilan wajah kita, ulangi langkah di atas, klik bagian source, klik tanda plus, lalu pilih windows capture. Beri nama, misal “kamera”, lalu pada bagian Window cari camera yang sedang aktif. Lalu klik OK. Anda bisa mengatur besar kecil tampilan kamera dan power point sesuai keinginan.

 

Langkah kelima: Memulai Streaming

Jika semua sudah siap, slide power point sudah dibuka dan kamera sudah siap, maka kita bisa memulai streaming dengan klik start streaming di OBS Studio. Kemudian kita kembali ke Youtube kita. Di pojok kanan atas akan ada tulisan Go Live. Jika OBS Studio dan Youtube sudah benar-benar terhubung, maka kita bisa klik Go Live tersebut dan live streaming dimulai.

Selama streaming, yang akan ditampilkan di layar dikontrol oleh OBS Studio. jadi misal kita ingin mengganti tampilan power point dengan tampilan dokumen, maka kita harus buka dokumen tersebut terlebih dahulu, lalu aktifkan di OBS Studio. Seluruh interaksi live chat dapat dipantau melalui Youtube Studio, termasuk berapa orang yang sedang menyaksikan live streaming kita. Untuk mengakhiri streaming, cukup klik end stream, maka otomatis seluruh tampilan live streaming tadi akan tersimpan di Channel kita dan dapat disaksikan setelahnya, termasuk live chatnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan kuliah online dengan live streaming Youtube

  1. Pastikan kuota datamu cukup, setidaknya siapkan 3GB untuk live streaming selama 1 jam. Jika di tengah jalan kuotamu habis, maka peserta akan mengalami buffering dan terkatung-katung nasibnya sampai kamu kembali
  2. Apa yang ditampilkan di live streaming dikendalikan oleh OBS dan hanya berlaku per windows. Misal kamu melakukan tutorial SPSS, ketika output sudah keluar, output tersebut tidak akan langsung tampil di streaming, karena ouput SPSS berada pada windows sendiri. Sehingga kamu perlu atur lagi di OBS untuk menampilkan windows ouput. Pastikan juga hanya membuka aplikasi yang ingin ditampilkan, kamu tidak mau kan nanti salah klik trus yang tampil adalah sesuatu yang tidak boleh ditampilkan (history chatmu dengan doi misalnya)
  3. Awalnya akan aneh berbicara sendiri di depan laptop, seperti berbicara sebelah tangan. Tapi lama-lama akan merasa nyaman kok. Rajin-rajinlah mengecek live chat, siapa tahu ada pertanyaan dari mahasiswa atau ada kendala teknis, misalnya kamu salah menampilkan tayangan chatmu dengan doi.
  4. Pastikan kamu memiliki cara untuk memastikan mahasiswa menyimak dan memahami materi yang disampaikan. Misal dengan memberi kuis satu soal di akhir yang berkaitan dengan materi yang disampaikan. Kuis bisa dilaksanakan secara terpisah dengan Google form, bisa juga sekalian untuk presensi.
  5. Untuk kualitas suara yang baik, gunakan microphone atau hands free, jangan teriak-teriak di depan laptop, aneh.

Ini ada contoh kuliah online yang saya laksanakan di Youtube. Silakan lihat di sini

Follow me in social media:

Pensiunan guru SD yang promosi menjadi dosen Psikologi di Universitas Muhammadiyah Malang. Sekarang balik lagi jadi mahasiswa di Benua Biru

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.