Dosen,  Kuliah

Alasan Mengapa Harus Kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Berhubung sedang musim Penerimaan Mahasiswa Baru, mohon izin untuk berpartisipasi mempromosikan kampus saya ya. Sekilas dulu tentang Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Jadi UMM merupakan perguruan tinggi swasta terakreditasi “A” yang didirikan tahun 1964. UMM memiliki tiga kampus, dan berpusat di kampus III terpadu, di Jalan Raya Tlogomas 246 Kota Malang, Jawa Timur. UMM merupakan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang terbesar di Jawa Timur dan salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Indonesia. Tulisan ini mejelaskan mengapa kalian, para calon mahasiswa, tidak perlu ragu untuk memilih Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebagai tempat kuliah.

Lingkungan nyaman di Kota Malang

Kota Malang merupakan salah satu kota pelajar yang geliatnya cukup progresif. Selain biaya hidup yang relatif murah, perbedaan kota ini dibanding kota lainnya adalah suasananya yang nyaman dengan hawa yang relatif lebih dingin. Kampus UMM sendiri lokasinya berada di wilayah perbatasan Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu. Jadi kalau mau rekreasi kemana-mana juga dekat. Bentangan alamnya indah, gunung dan bukit banyak, pantai ada, air terjunnya buuanyak sekali. Wisata hedonnya juga banyak, Mall ada, warung kopi sudah menjamur, area taman hiburan seperti Jatim Park yang menyajikan wisata modern juga ada. Jadi kalau harus menghabiskan waktu empat tahun buat kuliah, lebih enak kan kalau kuliahnya di kota yang sejuk dan memiliki banyak tempat wisata.

Pemandangan Masjid UMM dengan latar Gunung Arjuno
 

Memiliki banyak prestasi

UMM memiliki banyak prestasi juga lho. UMM sudah menjadi peraih Anugerah Kampus Unggul (AKU) Jawa Timur sejak tahun 2008. Artinya selama 12 tahun terakhir, UMM diakui LLDIKTI sebagai kampus swasta terbaik di Jawa Timur. UMM masuk 50 Perguruan Tinggi terbaik versi DIKTI dan ranking 7 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia versi Globe Asia Magazine. UMM juga mempelopori penerapan review proposal dan hasil penelitian secara online yang sekarang diadopsi Dikti. Di bidang pengabdian, praktikum mahasiswa UMM juga berhasil mengubah kampung kumuh di Malang menjadi kampung wisata yang instagramable, yaitu Kampung Warna-warni Jodipan.

Kampung warna-warni Jodipan karya mahasiswa UMM
Kampung warna-warni Jodipan karya mahasiswa UMM

Biaya kuliah lebih murah dibanding kampus lain dengan peringkat setara

Ini serius, dibanding universitas swasta lain yang peringkatnya setara di Jawa Timur, biaya kuliah di UMM jauh lebih murah. Kalian bisa bandingkan dengan melihat dengan melihat di brosur masing-masing universitas. Untuk UMM biaya kuliah dapat dilihat di sini http://pmb.umm.ac.id/id/pages/home/biaya.html. Biaya ini juga tidak kalah lebih murah dibanding kuliah di kampus negeri. Mengapa uang kuliah di UMM bisa lebih murah? Karena UMM tidak hanya bergantung dari SPP mahasiswa saja untuk operasionalnya, tetapi UMM memiliki beberapa unit usaha yang bisa jadi sumber pemasukan. Unit usaha ini sekaligus menjadi laboratorium terapan mahasiswa untuk magang dan belajar langsung. Beberapa unit usaha yang dimiliki UMM diantara adalah SPBU UMM, Rumah Sakit UMM, Hotel Kapal Garden, Hotel Rayz, Taman Rekreasi Sengkaling, Sengkaling Kuliner, UMM Press, Bengkel Rinjani UMM, UMM Bookstore, UMM Dome, Apartemen Sang Surya, dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) UMM.

Hotel Kapal Garden, salah satu unit usaha UMM

Tidak hanya pintar, tapi juga…

Mahasiswa tidak hanya didik untuk menjadi orang pintar di UMM, tetapi lebih dari itu. Moto UMM adalah “student today, leader tomorrow”, jadi mahasiswa disiapkan untuk menjadi pemimpin di bidangnya di masa depan. Banyak kegaiatan kemahasiswaan di UMM ini yang bisa memfasilitasi mahasiswa untuk belajar berorganisasi atau mengembangkan minat-bakatnya.  Sejak 2010, UMM juga bermitra dengan organisasi Uni Eropa (UE) memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa pertukaran Erasmus+ dengan sejumlah kampus di Eropa, sehingga mahasiswa mampu merasakan atmosfer internasional. Pengembangan karakter mahasiswa juga menjadi aspek yang menjadi fokus UMM, salah satunya dengan Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK) yang diberikan kepada seluruh mahasiswa. P2KK ini seperti pesantren kilat, mahasiswa dikarantina, namun dengan model pembelajaran yang lebih kreatif.

Program pengembangan karakter dengan P2KK

Kampus Indah dan Fasilitas Lengkap

Kampus UMM memiliki nama panjang lain, yaitu Universitas Munggah-Mudun(Universitas Naik-Turun) karena kontur kampus UMM memang naik turun. Tapi dengan kontur seperti ini menjadikan pemandangan kampus jadi indah. Fasilitas di kampus juga terbilang lengkap, tempat nongkrong banyak, wifi kenceng, laboratorium lengkap. Hanya saja memang beberapa mahasiswa sering mengeluhkan dengan kondisi di GKB I, 2, 3 yang ruang kelasnya masih belum pakai AC. Meskipun ga pakai AC, tetep ga panas kok, kan Malang bukan seperti Surabaya. Kalau di Fakultas Psikologi sih kuliahnya di GKB 4 yang udah full AC. Urusan tempat tinggal, kosan udah banyak di sekitar kampus. Bahkan kalau orang tua cukup protektif, UMM juga memiliki asrama mahasiswa yang bisa disewa untuk mahasiswa yang berasal dari luar daerah.

Penampakan GKB I dan Danau UMM
 

Dosen Muda dan Berjiwa Melayani

Tiga tahun terakhir ini UMM melakukan rekrutmen dosen besar-besaran, sehingga komposisi dosen muda di kampus ini cukup banyak. Di Fakultas Psikologi misalnya, kita memiliki 38 dosen tetap dan 40% diantaranya masih berusia di bawah 35 tahun. Dosen muda ini umumnya kreatif, enerjik, idealis, dan lebih bersahabat dengan mahasiswa. Dosen di kampus swasta seperti UMM juga berbeda dengan di kampus negeri. Kalau di negeri, dosen pada umumnya memiliki banyak proyek di luar kampus dan selalu “dikejar-kejar” mahasiswa, di UMM dosen mendedikasikan dirinya penuh untuk kebutuhan mahasiswa. Ya namanya kampus swasta, kalau dosennya ga perform dan mahasiswanya ga puas, ga dapat duit lah kita, beda dengan kampus negeri.

Proses pembelajaran di UMM
  

Itu tadi beberapa alasan mengapa kalian harus mantap memilih UMM sebagai tempat kuliah kalian. Dan bagi kalian yang tertarik kuliah di Psikologi, kelebihan lainnya adalah kalian akan bertemu dengan saya, eh. Kelebihan lain kuliah di Psikologi UMM itu kuliahnya lebih aplikatif, tidak hanya sebatas text book. Jadi akan banyak praktikum yang mengharuskan kalian turun langsung ke masyarakat atau ke instansi-instansi yang sudah bekerja sama dengan UMM. Untuk tahun ini juga dibuka kelas internasional lho di Fakultas Psikologi. Silakan lihat review saya soal jurusan Psikologi di sini. Jadi langsung cus, daftar di http://pmb.umm.ac.id/

Sumber gambar: umm.ac.id

Follow me in social media:

Pensiunan guru SD yang promosi menjadi dosen Psikologi di Universitas Muhammadiyah Malang. Sekarang balik lagi jadi mahasiswa di Benua Biru

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *